Peluang Bisnis Kuliner


ABSTRAK 
  Karya ilmiah ini dilatar belakangi oleh peluang bisnis yang sangatlah besar, yang terkadang dilewatkan oleh hampir semua orang di indonesia. Karya ilmiah ini akan membahas mengenai bisnis kuliner yang sangat menjanjikan dan dapat dijadikan bisnis kuliner Online. Berbagai macam makanan dan minuman tentu banyak dijumpai di manapun kita berada, selain itu minat semua orang untuk mencoba cita rasa kuliner baru yang sangat besar menjadi sebuah penyemangat untuk berani terjun di dunia kuliner ini. Tidak perlu memikirkan biaya ataupun modal yang berlebihan, yang terpenting adalah citarasa dan keunikan yang diciptakan oleh sang pembuat makanan. Modal materi bukanlah persoalan utama, tapi bagaimana memiliki kemauan dalam menekuni bisnis.

PEMBAHASAN
  Peluang membuka stand kuliner baru sangatlah menjanjikan, dimana banyak kawula muda yang senang berkumpul dengan komunitasnya, acara ulang tahun, kumpul keluarga, belajar kelompok, atau membahas pekerjaan. Namun dalam hal ini kita harus tetap memikirkan cara jitu dan strategi untuk mendatangkan pembeli agar masakan yang disajikan tetap terjual laris. Untuk memulai semuanya ada berbagai hal yang perlu diperhatikan, yaitu:
  1. Pemilihan Lokasi pembuatan Warung
    Pemilihan lokasi yang strategik tentu akan menujnjang penghasilan kita dalam hariannya. Karena suatu lokasi memiliki karakteristik yang berbeda, seperti di area keramaian misalkan kampus, taman kota, sebelah mall, ataupun daerah yang ramai lalu-lalang pembeli.
  2. Perizinan
    Perolehan izin dari pemerintah setempat untuk memulai bisnis kuliner diwilayah yang anda tinggali. Jika anda memulai bisnis dengan illegal tentu kedepannya tidaklah baik.
  3. Pemilihan Nama Masakan ataupun Warung
    Ini merupakang hal yang sangat penting untuk memperoleh pembeli. Karena dengan nama masakan atau nama toko yang unik. Mereka akan merasa penasaran dan akan mendatangi lokasi toko atau warung tempat bisnis kuliner anda.
  4. Target Pasar
    Target pasar meupakan hal penting dalam bisnis kuliner. Target pasar merupakan target dimana kita mengincar konsumen atau pelanggan yang berkaitan dengan umur maupun profesi.
  5. Media Periklanan
    Media periklanan merupakan cara yang ampuh saat ini untuk mendapatkan pelanggan secara maksimal. Dengan mengiklankan bisnis kuliner anda secara online akan menjadi poin positif bagi bisnis anda. Anda dapat mempostingnya di sosmed, maupun mendaftarkannya di google map. Dengan upload promo atau menu yang spesial di dalam poster, juga akan menambah daya tarik konsumen baru.
  6. Kebersihan dan kenyamanan warung
    Seperti kata pepatah " Kebersihan sebagian dari iman" kebersihan wearung harus tetap terjaga. sehingga makanan yang dihidangkan tetap terjaga, dan terlihat indah dan nikmat untuk di santap.
  7. Peningkatan Mutu dan Kualitas Pelayanan
    Layanilah konsumen dengan keramahan dan senyuman, insyallah   pelanggan akan terus kembali ke warung anda.
REFERENSI
  1. http://www.ciputraentrepreneurship.com/makanan/kemauan-dan-tekun-kunci-sukses-rangga-umara-jalani-bisnis-kuliner
  2. http://infopeluangusaha.org/tips-cara-memulai-usaha-kuliner-untuk-pemula/
  3. https://www.maxmanroe.com/peluang-usaha-makanan-yang-ada-di-sekitar-kita.html
  4. http://www.plasafranchise.com/tags/artikel+peluang+usaha+kuliner/

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memulai Bisnis Tanpa Uang?

Menggambar Anime